Tips Langkah Sehat Minum Kopi - Salah Loebang

Salah Loebang

Tips dan trik serta manfaat

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 07 September 2019

Tips Langkah Sehat Minum Kopi

Penting untuk membatasi diri dalam meminum kopi. Pasalnya ada jam-jam tertentu yang harus kamu hindari agar tubuh tetap sehat dan tak kecanduan kopi.


Sebelum itu juga, saya akan memberikan efek negatif dan positif dari kopi
Beberapa efek samping positif dari kopi

  1. Kopi dapat mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer.
  2. Kopi dapat mengurangi risiko terkena pengakit Parkinson.
  3. Kopi dapat membantu meningkatkan memori jangka pendek manusia.
  4. Hal ini terutama disebabkan karena kafein yang dikandungnya bereaksi secara kimia menstimulasi dan membantu kita untuk menangkap dan fokus terhadap informasi yang diterima lebih baik untuk jangka pendek tertentu.
  5. Kopi dapat membantu meredakan sakit kepala, Kandungan kafein dapat membantu meningkatkan efek obat-obatan yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit sementara seperti aspirin, midol dan excedrin. Banyak dari obat sakit kepala dan migrain mengandung kafein dalam jumlah kecil.
  6. Kopi merupakan antioksidan efektif.
  7. Kopi merupakan diuretic yang baik. Minum kopi membuat orang lebih sering buang air kecil. Ini bagus untuk membantu tubuh membuang semua zat-zat ataupun kandungan yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh.
  8. Kopi juga membantu mengurangi risiko terkena batu ginjal.

Beberapa efek samping negatif dari kopi
1. Merusak gigi
Kopi menyebabkan karang gigi dan gigi menjadi kuning bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

2. Menyebabkan inkontinensia
Kafein bisa menyebabkan inkontinensia – tidak dapat mengontrol buang air kecil. Sebuah penelitian di Universitas Alabama menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi banyak kafein 70% lebih mungkin mengalami inkontinensia.

3. Insomnis
Kafein dapat menyebabkan insomnia. Kafein dalam sistem seseorang pada waktu tidur dapat menyebabkan gejala insomnia.

4. Mengganggu pencernaan
Efek minum kopi dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Orang yang mengonsumsi minuman berkafein sering merasakan sakit perut atau gangguan pencernaan. Ini terutama terjadi ketika minuman dikonsumsi saat perut kosong.

5. Sakit kepala
Kafein dapat menyebabkan sakit kepala. Sementara sesekali dosis kafein dapat meringankan gejala sakit kepala, penggunaan kafein yang berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala dan menyebabkan migrain.

6. Masalah kesuburan
Kafein bisa mengurangi kesuburan pada wanita. Sebuah penelitian dari The University of Nevada School of Medicine menunjukkan bahwa kafein dapat mengurangi peluang seorang wanita untuk hamil sekitar 27%.

7. Berisiko keguguran
Bahaya minum kopi bagi wanita berisiko keguguran. Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, mengonsumsi setidaknya dua minuman berkafein sehari selama minggu-minggu sebelum konsepsi sedikit meningkatkan risiko keguguran.

8. Berisiko pada pengidap diabetes
Kafein mungkin tidak sehat untuk penderita diabetes tipe 2. Sebuah studi yang dilakukan oleh American Diabetes Association menunjukkan bahwa kafein merusak metabolisme glukosa pada mereka yang menderita diabetes tipe 2.

9. Gangguan jantung
Minum kopi menyebabkan kontraksi jantung yang lebih kuat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa setelah minum kafein, jantung menghasilkan lebih banyak kontraksi yang kuat. Tidak jelas apakah ini memiliki implikasi kesehatan jangka panjang kecuali bagi mereka dengan kondisi kesehatan yang diketahui.

Dengan memahami efek samping baik itu positif maupun negatif dari kopi, diperlukan langkah sehat untuk minum kopi Baiknya lakukan beberapa tips dengan mengubah waktu yang tepat minum kopi.

Tips Langkah Sehat Minum Kopi, Pada Jam 10.00-14.00 
Biasanya seseorang meminum kopi sebagai pengganti sarapan. Padahal para ahli gizi menyarankan untuk meminum kopi pada waktu mulai jam 10 pagi. Hal ini karena kadar kortisol dalam tubuh masih terkendali sehingga aman untuk mengonsumsi minuman berkafein.

Tips Langkah Sehat Minum Kopi Sebelum Olahraga
Menurut para ahli, kopi bisa memberikan dampak positif pada orang yang rajin berolahraga. Disarankan untuk meminum kopi 30 menit sebelum berolahraga. Hal ini karena kopi cepat diserap oleh darah sehingga bisa membantu detak jantung yang bekerja.

Tips Langkah Sehat Minum Kopi Dengan Melepaskan kebiasaan Konsumsi Kopi Sebelum Malam Hari
Mulai perhatikan batas minum kopi sebelum 4-6 jam sebelum tidur. Menurut peneliti dari Harvard Medical School’s Division of Sleep Medicine, hal ini bertujuan agar efek kafein dari bisa mulai berkurang ketika sudah masuk jam tidur. Sering mengonsumsi kopi akan membuat orang sulit tidur.

Tips Langkah Sehat Minum Kopi dengan memahami dosis yang dapat dikonsumsi tiap hari
Para peneliti di Florida Alzheimer’s Disease Research Center menyebutkan dosis kopi yang di konsumsi setiap hari adalah sebanyak 500 milligram kafein atau sama dengan 5 cangkir ukuran 236,5 mililiter (61.8411 millimeter) kopi.


Takaran 500 milligram kafein atau sama dengan 5 cangkir ukuran 236,5 mililiter kopi, itu disebutkan tidak berbahaya bagi kesehatan namun, itu di peruntukkan untuk orang yang tidak mengidap darah tinggi dan wanita hamil.

Dalam penemuan itu yang menjadikan tikus sebagai percobaan, menunjukkan bahwa tikus-tikus yang mengonsumsi kafein memiliki kondisi otak yang sama dengan tikus seumuran yang normal, dan menjauhkan dari gejala Alzeimer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad