Tokek Cantik Yang Bisa DiPelihara - Salah Loebang

Salah Loebang

Tips dan trik serta manfaat

Home Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 21 Agustus 2019

Tokek Cantik Yang Bisa DiPelihara

Leopard gecko adalah salah satu binatang peliharaan masa kini. Leopard gecko merupakan tokek yang cantik, jinak, dan mudah dipelihara. Tokek ini secara ilmiah namanya Eublepharis macularius. Disebut leopard gecko karena motif di tubuhnya seperti leopard atau macam tutul.

Warna dasarnya kuning dengan bintik-bintik hitam atau cokelat gelap di sekujur tubuhnya. Di Indonesia, bintang ini disebut tokek tutul atau tokek hias. Asalnya dari dataran kering, berbatu, berdebu, dan berhawa panas di wilayah India, Pakistan, Afganistan, dan Iran.

Untuk melindungi matanya dari debu, leopard gecko punya kelopak mata. Padahal tokek lain tidak memilikinya. Panjang tubuh leopard gecko bisa mencapai 25 sampai 30 sentimeter. Telinganya terlihat jelas.

Sama seperti cicak, saat terancam musuh, leopard gecko akan memutuskan ekor atau melakukan autotomi untuk mengelabui musuh. Makanannya binatang kecil seperti jangkrik, cacing, dan serangga kecil lainnya. Hewan ini lebih banyak mencari makan di malam hari.

tokek cantik yang bisa dipelihara

Sementara di siang hari, leopard gecko tidur untuk menghindari panas dan mengumpulkan tenaga.
Sebulan sekali, hewan ini akan berganti kulit. Satu atau dua hari sebelum ganti kulit, warna kulit binatang itu akan berubah jadi abu-abu atau putih.

Lalu, kulitnya yang sudah lepas biasanya akan dimakan, teman-teman. Nah, seperti yang sudah disebutkan di atas. Binatang ini tidak bisa berjalan di dinding karena hanya memiliki sedikit kandungan perekat lamel pada kakinya. Dan juga, leopard gecko bisa hidup sampai 20 tahun.

Tips Untuk Pemeliharan Tokek Gecko Leopard
Saat ini, leopard gecko menjadi salah satu pilihan binatang peliharaan. Nah, jika teman-teman ingin memeliharanya, ada beberapa hal yang harus teman-teman persiapkan. Leopard gecko berasal dari gurun sehingga teman-teman harus menyiapkan tempat hidup atau lingkungan yang mirip dengan habitat asalnya, yaitu hangat dan kering.

Selain itu, teman-teman juga harus perhatikan suhu tempat tinggal binatang ini. Suhu yang disukai oleh leopard gecko adalah 29 hingga 35 derajat Celcius dan untuk kelembaban yang disukai berada di kisaran 10 hingga 30 persen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad