Tips Mencegah Rambut Rontok dan Perawatan Secara Alami - Salah Loebang

Salah Loebang

Tips dan trik serta manfaat

Home Top Ad

Post Top Ad

Senin, 20 Mei 2019

Tips Mencegah Rambut Rontok dan Perawatan Secara Alami

Permasalahan rambut yang sering kali muncul membuat kita kesal karena dapat memperburuk penampilan.

merawat rambut rontok

Masalah yang paling umum dialami oleh banyak orang adalah kerontokan. Memiliki rambut yang rapuh dan mudah rontok membuat kita tidak nyaman.

Banyak cara yang dilakukan untuk mencegah rambut rontok. Mulai dari cara tradisional atau alami hingga perawatan mahal. Masalah kerontokan rambut bisa diatasi tanpa bahan kimia, yakni cukup dengan bahan alami yang tentunya aman bagi kulit kepala. Tidak hanya aman, tapi cara pakainya juga mudah sekali.

1. Jangan Terlalu Sering Keramas
Menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala dengan cara keramas adalah hal yang penting. Namun, jika dilakukan terlalu sering, keramas justru dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan rambut.

Cuci rambut Anda setidaknya tiga hari sekali dengan pembersih rambut atau shampo yang lembut untuk menghilangkan semua akumulasi debu, kotoran, minyak, dan bakteri yang ada. Jaga kebersihan rambut setiap saat untuk menghindari kerontokan rambut akibat folikel yang tersumbat.

Perlu juga diperhatikan agar tidak mencuci rambut lebih dari tiga kali seminggu. Keramas yang berlebihan akan menghilangkan minyak alami yang penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat dari kulit kepala dan rambut Anda.

2. Mengurangi Perawatan Rambut Menggunakan Bahan Kimia atau Heat Tools
Pewarnaan, perming, pencatokan, atau mengubah rambut menjadi ikal (keriting) memang bisa membuat rambut tampak indah.

Sayangnya, penataan rambut menggunakan bahan kimia atau heat tools dapat berdampak buruk pada kesehatan rambut, seperti membuatnya semakin kering, kasar, dan rontok.

Ada baiknya jika mengistirahatkan rambut di sela-sela penataan rambut berikutnya untuk membiarkan rambut asli kamu tumbuh terlebih dahulu agar akarnya lebih kuat.

3. Mengeringkan Rambut Menggunakan Handuk Dengan Cara Yang Benar
Mengusap rambut Anda dengan handuk sepertinya merupakan cara tercepat untuk mengeringkannya, namun hal itu bisa juga merupakan hal terburuk yang Anda lakukan pada rambut Anda.

Mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya keras-keras dengan handuk akan menyebabkan kerusakan pada rambut, membuatnya jadi kusut, dan mencabutnya dari kepala.

Sebagai gantinya, bersihkan kelembaban dari rambut Anda secara lembut dan hati-hati dengan handuk dan biarkan rambut kering secara alami.

4. Perawatan Rambut Menggunakan Jus Bawang atau Jus Jahe.
Kamu bisa mengatasi rambut rontok secara alami dengan menggosok kulit kepalamu dengan saripati alami dari bawang merah maupun putih (bisa gunakan jahe jika tidak ada bawang merah, cara meraciknya sama).

Caranya blender bawang/jahe hingga lembut tanpa menggunakan air. Setelah benar-benar lembut oleskan pada kepalamu. Diamkan sekitar 30 menit atau ketika bangun tidur di pagi harinya bisa dibilas sampai bersih.


5. Perawatan Rambut Dengan Memanfaatkan Kayu manis.
Kayu manis memiliki kandungan gizi gula, vitamin A, protein, karbohidrat, dan senyawa antioksidan. Sejumlah zat bermanfaat itu mampu mengobati kerontokan rambut secara alami.

cegah rambut rontok menggunakan kayu manis

Kayu manis dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan melawan rambut rontok secara cepat. Kamu bisa mencampurkan bubuk kayu manis dengan minyak zaitun dan ditambah dengan madu. Oleskan pada kepala, diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas hingga bersih.

6. Perawatan Rambut Dengan Masker Telur.
Meskipun metode ini mungkin terdengar tidak menarik, masker telur adalah salah satu solusi alami bagi rambut rontok yang sangat efektif. Telur mengandung protein yang membuat rambutmu mengalami pertumbuhan. Komponen rambut terdiri dari 70 % protein keratin, jadi tidak heran telur dapat membantu menyembuhkan kerusakan.

Caranya campurkan satu telur dan satu sendok makan minyak zaitun ke dalam mangkuk. Setelah mencuci rambutmu dengan sampo, oleskan masker telur ini di rambut basahmu tutup dengan topi mandi setidaknya selama sepuluh menit. Setelah benar-benar terserap, bilas dan bersihkan dengan kondisioner pelembab.

7. Perawatan Rambut Dengan Ojoba Oil (Minyak Ojoba) 
Kulit kepala yang telah mengalami kekeringan parah dan berkepanjangan sering mengakibatkan ketombe, kilau rambut yang buruk, dan peningkatan rambut rontok.

Salah satu obat pencegah rambut rontok secara alami yang bagus adalah menggunakan minyak jojoba. Minyak jojoba berfungsi untuk melembabkan folikel rambut di kulit kepala, yang membuat rambut sehat dan kuat.
Selain itu juga dapat membantu sel-sel rambut bereproduksi lebih cepat dan tidak meninggalkan resiko berminyak pada rambut setelah dicuci. Untuk menggunakan perawatan rambut rontok alami ini, hangatkan beberapa tetes minyak di tanganmu, pijat ke akar rambut lalu cuci bersih setelah 10-15 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad