6 Trik Membuat Ruangan Sempit Terasa Luas - Salah Loebang

Salah Loebang

Tips dan trik serta manfaat

Home Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 25 Mei 2019

6 Trik Membuat Ruangan Sempit Terasa Luas

Dalam sebuah rumah, pasti terdapat bagian-bagian yang terasa sempit dan tidak cocok dijadikan tempat untuk apapun. Lalu,


Anda akan menjadi lebih sering mengabaikan ruangan tersebut tanpa memberi dekorasi yang menarik untuk dijadikan sebuah ruangan tertentu.

Padahal, ruangan sempit dapat Anda siasati dengan berbagai tips dan trik asalkan kita memilih penataan yang tepat sehingga selain menjadi fungsional juga menampilkan sesuatu yang enak dipandang mata. Mari kita telusuri trik-triknya di bawah ini.

1. Area sirkulasi pada satu sisi
Ruangan yang sempit akan terlihat lebih membosankan dan tidak menarik apabila tidak mendapat sirkulasi udara yang tepat. Hal yang harus diperhatikan adalah tidak menempatkan perabot di area yang menghalangi sirkulasi tersebut. 

Gambar Ilustrasi - Sirkulasi Udara Untuk Ruang Kamar Sempit

Selain perabot utama seperti meja dan kursi, perhatikan pula peletakan karpet jika Anda berkenan menggunakannya. Mempertahankan area sirkulasi terbuka pada salah satu sisi ruangan secara efektif menciptakan sebuah lorong dengan ruang pada satu sisi.

2. Penataan Sudut
Penempatan sudut ini dapat memisahkan zona khusus ruangan tersebut dengan area sirkulasi sehingga orang tidak akan lalu-lalang di sekitarnya. Maka, letakkan perabot yang Anda kehendaki dalam susunan sudut dengan ruang yang tersisa untuk area sirkulasi. 

Gambar Ilustrasi - Meletakkan Kursi dan Meja di Ruang Sempit
Untuk membuat area lebih lapang lagi, gunakan jendela panel kaca pada dinding yang juga memberikan sentuhan bagus di ruangan sempit. Hindari meletakkan tempat duduk terlalu banyak karena hanya akan menghalangi area sirkulasi.

3. Penempatan Tegak Lurus
Pada ruangan sempit, letakkan perabot tegak lurus menyesuaikan panjang ruangan yang tentunya sisihkan ruang untuk area sirkulasi agar terlihat lebih luas. 

Gambar Ilustrasi - Penataan Perabot Tegak Lurus
Ruangan sempit tanpa penataan yang tepat hanya akan menimbulkan kebosanan untuk Anda, maka dari itu penempatan dua kursi, tanaman, dan lukisan di ujung ruangan serta rak buku membantu membatasi panjang ruangan.

4. Tata letak miring
Penataan dengan sudut kemiringan tertentu dapat membatasi panjang ruangan sehingga tidak terkesan seperti lorong panjang yang membosankan. Letakkan sofa dengan kemiringan yang Anda inginkan pada satu sisi ruangan agar ruangan tersebut tampak lebih lapang dan tidak terkesan panjang. 

Gambar Ilustrasi - Menata Kamar Yang Panjang
Prinsip tersebut sekaligus membantu membatasi area fungsional yang berbeda. Tata letak miring juga dapat diterapkan pada ruang makan. Meja makan dan kursi yang ditata miring dapat mengurangi kesan ruang yang panjang dan sempit.

5. Pilihan Meja Yang Pas Dan Sesuai
Ruangan sempit dengan pemilihan meja yang asal-asalan hanya menimbulkan kesan ruangan tersebut menjadi tambah tidak nyaman untuk ditempati. Meja persegi panjang sangat cocok untuk ruang sempit sehingga Anda tidak akan menghabiskan banyak ruang. 

Gambar Ilustrasi - Pemilihan Meja dan Kursi Untuk Ruang Sempit
Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bangku kecil, meja kotak atau meja chow cocktail pendek. Furnitur seperti ini dapat membuat ruangan sempit terkesan lebih luas.

6. Rak tempel
Pada ruangan sempit, Anda dapat memaksimalkan bagian atas dinding Anda. Letakkan rak-rak tempel yang cukup tinggi dan Anda dapat memanfaatkan ruang di bawahnya. 

Gambar Ilustrasi - Wall Shelf / Rak Tembok
Anda dapat meletakkan lemari atau rak penyimpanan barang di ujung ruangan agar tidak menambah kesan sempit pada ruangan tersebut. 

Poin-poin itulah trik untuk Anda yang ingin menyiasati ruangan sempit agar menjadi lebih luas. Bukan berarti bahwa ruangan sempit hanya akan menjadi ruangan tidak berguna.

Namun jika langkah Anda benar maka ruangan tersebut akan meningkatkan mood Anda sehari-hari karena dekorasi yang menarik sesuai yang Anda buat. Oleh karena itu, kreasikan ruangan yang paling nyaman untuk Anda walau itu merupakan ruangan sempit sekalipun!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad